Selasa, 16 November 2010

Olahraga

OLAHRAGA

n Menurut kata asal disportare (Latin) dis: terpisah, portare membawa yang berarti membawa diri terpisah dari gangguan. Desport (Perancis Kuno) berarti bersenang-senang atau berfoya-foya.

n Menurut hakikatnya olahraga berarti aktivitas otot-otot besar yang menggunakan energi tertentu untuk meningkatkan kwalitas hidup.

n Menurut kenyataan yang berlaku pada suatu saat dengan melihat tujuan, anggapan masyarakat, ketentuan lembaga yang berwenang.

n Kamus BI olahraga adalah latihan gerak badan

n Insiklopedia Ind. olahraga adalah gerak badan yang dilakukan satu orang/lebih.

n Kamus Pendidikan: olahraga adalah berbagai latihan berbentuk permainan biasanya dilakukan diluar rumah/lapangan terbuka.

n Maladi menyatakan olahraga adalah segala kegiatan manusia dengan ciri-ciri ada peserta,penonton,pemenang dan hadiah.

n Kepres 131 Th. 1962. Olahraga mempunyai arti seluas-luasnya yang meliputi segala usaha untuk mendorong, membangkitkan, mengembangkan, dan membina kekuatan jasmani & rohani manusia.

n Musornas I. Olahraga adalah kegiatan manusia yang wajar diperlukan dalam hidupnya sesuai dengan kodratnya.

n Abdul Gafur: olahraga adalah bentuk-bentuk kegiatan jasmani yang terdapat dalam permainan, perlombaan, dan kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh rekreasi, kesehatan, dan prestasi optimal.

n ICSPE olahraga adalah setiap kegiatan yang mengandung sifat permainan, berisi perjuangan diri sendiri/bersama orang lain atau konfrontasi dengan unsur alam.


JENIS OLAHRAGA

n Berdasarkan pengelompokan/ kecabangan : atletik, senam, aquatik, permainan, beladiri.

n Berdasarkan tempat pelaksanaan : darat, air, udara.

n Berdasarkan musim : panas, dan dingin.

n Berdasarkan status olahragawan: amatir, semi profesional, profesional.

n Berdasarkan energi yang digunakan : ringan, sedang, berat.

n Berdasar Repelita III: olahraga pendidikan, olahraga karya, olahraga masa, olahraga rekreasi, olahraga khusus, olahraga prestasi.

· OLahraga rekreasi: olahraga yang dilakukan masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat untuk kesehatan, kebugaran, dan kegembiraan.

· Olahraga prestasi: olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan iptek keolahragaan.

· Olahraga amatir: olahraga yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga.

· Olahraga profesional: olahraga yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan dalam bentuk uang atau bentuk lain yang didasarkan atas kemahiran berolahraga.



Beda olahraga dan penjas

n Menurut Siedentop dkk olahraga lama dilakukan, ada kompetisi formal, data terkumpul rapi, melibatkan sebagian siswa, ada prestasi puncak, hubungan erat, program vital dan bermakna. Sedang penjas waktu sebentar, tak teratur,emua siswa terlibat, tak ada prestasi puncak, sering dipandang remeh/sepele.

n Rusli Lutan: Penjas dalah proses sosialisasi melalui aktivitas jasmani,bermain,dan olahraga untuk mencapai tujuan pendidikan, sedang Pendidikan Olahraga adalah proses sosialisasi ke dalam kegiatan olahraga (terampil,tanam nilai Olahraga,pengalaman dunia olahraga).

0 komentar:

Posting Komentar

SHACTI BLOG'S © 2008 Template by:
SkinCorner